Sabtu, 19 Oktober 2013

Kitchen Tools: Victorinox Santoku Knife, Three Virtues Knife

 
Beragam Santoku (Walau berbeda lambang, semuanya adalah original Victorinox)
Ulasan kali ini membahas Santoku Knife terlebih dahulu, Santoku knife ini apa sih?
Mendengar namanya pasti aneh, benda apa itu? Tapi kalo ngeliat bentuknya pasti langsung ngeh! Oh ini toh!
Santoku yang diambil dari kata santoku bocho (Japanese: 三徳包丁; "three virtues" or "three uses") adalah pisau serbaguna yang berasal dari Jepang. Bilahnya biasanya cenderung datar namun sedikit melengkung sekitar 60 derajat dibagian ujung seperti kaki domba, panjang bilahnya biasanya berikisar antara 13-20 cm.
Seperti arti katanya, Santoku sendiri merujuk pada 3 kegunaan utama yang paling baik dilakukan oleh jenis pisau ini: Slicing (mengiris), Dicing (memotong dadu), dan Mincing (mencincang). Karenanya, Chef Knife versi Asia ini mengandalkan gerakan memotong tegak lurus, daripada gerakan rocking yang familiar bagi Chef Knife biasa.


Kenapa Santoku menjadi begitu popular?
Pertama desainnya, santoku adalah perkawinan dari chef knife yang agak pendek dan golok kecil, yang membuatnya nyaman untuk digunakan oleh banyak orang, bahkan mereka yang bertangan kecil seperti kebanyakan orang Asia. Ukurannya yang ringkas, dan seimbang, dan beratnya yang lebih ringan dari golok juga membuatnya sering digunakan di dapur.
Kedua, seperti arti namanya, kegunaannya dalam menghasilkan irisan yang mulus, bilahnya yang rata membantu untuk memotong bahan makanan dengan rapi, termasuk yang membutuhkan presisi, seperti memotong dadu, semuanya terasa mudah dengan bilah yang tajam. Demikian juga keseimbangan bilahnya dan bobot yang tepat, membuatnya enak dipakai untuk mencincang bahan makanan. Tidak heran banyak chef kelas dunia yang menjadikan Santoku sebagai pisau wajib yang harus ada dalam Knife Casenya.
Lekukan yang suka dibilang air pockets itu disebut Granton Edge
Kok banyak santoku yang ada lekukan-lekukan di pinggirnya?
Lekukan pada tubuh pisau itu disebut Granton Edge. Granton sendiri sebetulnya adalah merk terdaftar dari Granton Company knife design. Namun penggunaannya menjadi generik di hampir semua pisau dengan desain serupa (seperti kalau dikita, minum apa? minum aqua! padahal penjual VIT, Prima, dll sedang menangis mendengarnya).
Granton Edge mengacu pada sederet lekukan bulat-bulat (lonjong-lonjong? elips-elips?) di samping badan pisau. Karena ada di samping, dia tidak mempengaruhi ketajaman bilahnya (kalau ada yg bilang jadi lebih tajam, itu boong pasti, atau sok tau kayak saya).
Terus gunanya apa dong? Hanya mempercantik? Harus diakui, memang mempercantik kan. Namun selain tampilan luarnya, dia membantu dalam proses pengirisan lho. Maksudnya begini, bilah biasa yang mulus, membuat bahan makanan yang diiris tipis dan basah (ingat fungsi utama santoku kan) cenderung menempel di sisi pisau, nah granton edge ini akan meminimalisasi proses menempelnya itu. Cuma itu? Iya, kalau bagi kita yang amatir, iris kentang paling banyak 5 kg sehari sih (buset masak apaan 5 kg!) ngga masalah, tapi bayangkan para chef yang adalah professional cook yang motong kentang 100 kg (dan wortel 200 kg, bawang 300 kg, namanya juga profesional lah ya...) misah-misahin gitu sangat ganggu dan buang waktu ditengah work pace mereka yang serba kilat.
Tentunya Granton Edge ini berimbas juga dengan harga yang lebih tinggi.
(Cat: saat ini saya hanya provide yang regular, namun bisa menanyakan untuk yang type Granton Edge :) )
 
Santoku akan dipakai untuk semua?
Sebagai pisau, santoku akan bisa memotong hampir semua bahan yang lazim dipotong pisau (bukan kayu, kaleng, atau tulang2 besar ya, gunakan cleaver atau golok untuk tulang), namun saya tidak akan merekomendasikan Santoku untuk memotong roti, atau deboning ayam karena bilahnya yang cukup tebal. Demikian juga ukurannya kurang pas untuk mengupas buah, atau membuat pekerjaan-pekerjaan detail.
Ini Santoku pribadi saya :)

Banyak print, pernah juga dapat satu batch ada lambang burungnya, tapi original semua kok.

Masih mulus? Iya, yang ini baru sekali dipake hahaha... yg lama udah diambil paksa sama bibi rumah!

Santoku for sell, salah satu item yg paling laris!
 Tertarik? Silakan tanya-tanya ke koohei_sandrock@yahoo.co.uk ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar